PENGERTIAN DAN MACAM MACAM METABOLISME

    Semua makhluk hidup baik manusia,hewan,tumbuhan dan organisme lainnya memerlukan energi.energi tersebut diperlukan untuk melakukan aktivitas kehidupan, seperti bergerak,bernapas,berfotosintesis,tumbuh dan berkembang atau bereproduksi. Sumber energi di bumi adalah sinar matahari, tapi hanya organisme autotrof (dapat membuat makanan sendiri) yang dapat memanfaatkannya secara langsung. Sementara itu, organisme heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri) seperti hewan dan manusia yang mendapatkan energi dari organisme autotrof melalui jaring-jaring makanan. Hukum kekekalan energi (termodinamika)menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan,tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
Jadi,METABOLISME(bahasa yunani,metabole = berubah) yaitu reaksi-reaksi kimiawi untuk mengubah zat-zat yang menghasilkan energi yang terjadi di dalam sel-sel tubuh.
Proses metabolisme dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :
 1. Katabolisme
     Katabolisme merupakan reaksi penguraian senyawa senyawa kompleks menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana dan menghasilkan energi( reaksi eksergonik).senyawa kompleks yang diuraikan dapat berupa karbohidrat,lemak dan protein.
 2. Anabolisme
     Anabolisme merupakan reaksi penyusunan dari senyawa senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks dan memerlukan energi (reaksi endergonik),kebalikan dari katabolisme.

Di dalam sel tubuh terjadi ribuan reaksi metabolisme yang sangat kompleks,pada diagram kompleksitas metabolisme,terdapat titik-titik yang menggambarkan molekul molekul dan garis-garis yang menggambarkan reaksi kimiawi yang mentransformasikan molekul-molekul tersebut. titik dan garis keduanya membentuk jalur jalur metabolisme dengan Urutan tahapan reaksi tertentu proses metabolisme baik katabolisme maupun anabolisme melibatkan sejumlah enzim dan ATP (adenosine triphisphate). enzim diperlukan sebagai katalisator untuk mempercepat terjadinya reaksi setiap reaksi memerlukan enzim enzim yang spesifik sementara itu ATP diperlukan sebagai penyedia energi untuk berlangsungnya reaksi.

Komentar