Manfaat tomat bagi tubuh

Tomat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan


Tomat tidak hanya manis, lezat dan merupakan tambahan yang indah untuk banyak makanan pembuka, mereka juga merupakan sumber serat, kalium dan vitamin A, C dan K.
Apakah tomat dianggap sebagai sayuran atau buah? Secara ilmiah, ini dianggap buah karena tubuh tomat mengandung biji. Namun, jika Anda penggemar sejarah, Anda akan menemukan informasi yang menunjukkan Mahkamah Agung AS menyatakan tomat sebagai sayuran pada tahun 1893. Apa pun yang Anda pikirkan, satu hal yang pasti: tomat itu manis, berair, lezat, dan enak. 
Satu porsi tomat menyediakan sumber vitamin A, C, K, dan kalium yang baik. Tomat juga merupakan sumber serat yang baik, mengandung dua gram dalam setiap porsi, yang merupakan tujuh persen dari jumlah harian yang disarankan. Nutrisi yang ditemukan dalam tomat telah terbukti memberikan manfaat kesehatan berikut:
  • Kulit yang sehat - beta-karoten dan likopen yang ditemukan dalam tomat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan dan membuat kulit kurang sensitif terhadap kerusakan UV.
  • Tulang kuat - vitamin K, kalsium dan likopen dalam tomat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang serta meningkatkan massa tulang.
  • Melawan kanker - likopen membantu mencegah beberapa kanker dan antioksidan dalam tomat dapat mengurangi kerusakan sel.
  • Mengatur gula darah - tomat mengandung kromium yang membantu gula darah Anda tetap seimbang dan membantu mengurangi risiko diabetes.
  • Meningkatkan penglihatan - vitamin A yang ditemukan dalam tomat dapat meningkatkan penglihatan, membantu mencegah kebutaan malam dan dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.
  • Mencegah batu ginjal dan batu empedu - penelitian telah menunjukkan bahwa makan tomat dapat mengurangi risiko pengembangan batu ginjal dan batu empedu.
  • Mencegah penyakit jantung - potasium dan vitamin B dalam tomat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang pada gilirannya dapat membantu dalam pencegahan stroke, serangan jantung dan masalah terkait jantung lainnya

Komentar