Apakah yang dimaksud asam,basa dan Skala ph

Apa artinya suatu larutan bersifat asam atau basa (basa)?


Itu semua ada hubungannya dengan ion hidrogen (disingkat dengan simbol kimia H + ). Dalam air (H 2 O), sejumlah kecil molekul berdisosiasi (berpisah). Beberapa molekul air kehilangan hidrogen dan menjadi ion hidroksida (OH - ). Ion hidrogen yang "hilang" bergabung dengan molekul air untuk membentuk ion hidronium (H 3 O + ). Untuk kesederhanaan, ion hidronium disebut sebagai ion hidrogen H + . Dalam air murni, ada jumlah ion hidrogen dan ion hidroksida yang sama. Solusinya tidak asam atau basa.
Sebuah asam adalah suatu zat yang menyumbangkan ion hidrogen. Karena itu, ketika asam dilarutkan dalam air, keseimbangan antara ion hidrogen dan ion hidroksida bergeser. Sekarang ada lebih banyak ion hidrogen daripada ion hidroksida dalam larutan. Jenis larutan ini bersifat asam.
Sebuah basis adalah zat yang menerima ion hidrogen. Ketika basa dilarutkan dalam air, keseimbangan antara ion hidrogen dan ion hidroksida bergeser ke arah sebaliknya. Karena basa "menyerap" ion hidrogen, hasilnya adalah solusi dengan ion hidroksida lebih banyak daripada ion hidrogen. Solusi semacam ini bersifat basa.
Keasaman dan alkalinitas diukur dengan skala logaritmik yang disebut pH . Inilah sebabnya: solusi asam kuat dapat memiliki seratus juta juta, atau seratus triliun (100.000.000.000.000) kali lebih banyak ion hidrogen daripada solusi yang sangat basa! Sisi sebaliknya, tentu saja, adalah bahwa larutan yang sangat basa dapat memiliki ion hidroksida 100.000.000.000.000 kali lebih banyak daripada larutan yang sangat asam. Selain itu, konsentrasi ion hidrogen dan ion hidroksida dalam larutan sehari-hari dapat bervariasi pada seluruh rentang tersebut.
Untuk menangani jumlah besar ini dengan lebih mudah, para ilmuwan menggunakan skala logaritmik , skala pH. Setiap perubahan satu unit dalam skala pH sesuai dengan perubahan sepuluh kali lipat dalam konsentrasi ion hidrogen. Skala pH secara teoretis bersifat terbuka, tetapi sebagian besar nilai pH berkisar antara 0 hingga 14. Jauh lebih mudah untuk menggunakan skala logaritmik daripada selalu harus menuliskan semua angka nol itu! Ngomong-ngomong, perhatikan bagaimana seratus juta juta adalah satu dengan empat belas nol setelahnya? Itu bukan kebetulan, itu logaritma!
Lebih tepatnya, pH adalah logaritma negatif dari konsentrasi ion hidrogen:
pH = −log [H + ]
Tanda kurung di sekitar H + secara otomatis berarti "konsentrasi" bagi seorang ahli kimia. Apa arti persamaan itu persis seperti yang kami katakan sebelumnya: untuk setiap perubahan 1 unit dalam pH, konsentrasi ion hidrogen berubah sepuluh kali lipat. Air murni memiliki pH netral 7. nilai pH lebih rendah dari 7 bersifat asam, dan nilai pH lebih tinggi dari 7 bersifat basa (basa). Tabel 1 memiliki contoh zat dengan nilai pH yang berbeda (Decelles, 2002; Environment Canada, 2002; EPA, tanggal tidak diketahui).

Nilai pH+ Konsentrasi 
Sehubungan dengan Air Murni
Contoh
010 000 000asam baterai
11 000 000asam lambung
2100.000jus lemon, cuka
310 000jus jeruk, soda
41 000jus tomat, hujan asam
5100kopi hitam, pisang
610air seni, susu
71air murni
80,1air laut, telur
90,01bubuk soda kue
100,001Great Salt Lake, susu magnesium
110,000 1solusi amonia
120,000 01air yang berbusa
130,000 001pemutih, pembersih oven


Komentar