FAKTOR YANG MENYEBABKAN PERUBAHAN FLORA DAN FAUNA

       

       Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan pada hewan dan tumbuhan antara lain pengaruh evolusi,seleksi alam,adaptasi terhadap lingkungan hidup,perusakan oleh manusia dan bencana alam.
berikut penjelasannya :
 a. Pengaruh evolusi
      Evolusi adalah perubahan makhluk hidup dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang sangat lama.dari hasil penelitian terhadap fosil-fosil hewan dan lapisan batuan,para ahli berpendapat bahwa hewan-hewan pada zaman purba pada dasarnya sama dengan hewan-hewan yang hidup saat ini walaupun memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Berdasarkan penelitian terhadap fosil tulang dinosaurus diketahui bahwa dinosaurus termasuk dalam kelas hewan melata(reptil)yang sama dengan buaya dan kadal saat ini.dari penelitian beberapa ahli diketahui pula bahwa beberapa dinosaurus tertentu mempunyai struktur kerangka yang hampir sama dengan mamalia Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa mamalia berasal dari reptil setelah revolusi selama berjuta-juta tahun.
berbagai hewan dan tumbuhan yang ada sekarang diyakini merupakan keturunan dari makhluk hidup pada zaman purba.



 b.seleksi alam
     Pada suatu wilayah mungkin hanya terdapat beberapa jenis makhluk hidup bahkan ada tempat yang hanya didiami satu jenis makhluk hidup.Hal ini dapat terjadi karena mungkin makhluk hidup yang lain tidak sanggup bertahan hidup di daerah tersebut akibat suhu yang terlalu dingin,sulit mendapatkan makanan dan faktor alami lainnya.inilah yang dimaksud dengan seleksi alam.jadi seleksi alam adalah penyaringan pada suatu lingkungan hidup Sehingga hanya makhluk hidup tertentu yang dapat bertahan hidup untuk tetap tinggal di suatu wilayah.sebaliknya makhluk hidup yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan punah atau pindah ke tempat lain.
   Faktor-faktor utama yang menentukan seleksi alam adalah sebagai berikut :
 a. Faktor alam
     Faktor alam membatasi kemampuan hidup suatu organisme.
contohnya di daerah gurun hanya terdapat beberapa jenis tumbuhan tertentu yang tahan terhadap iklim kering dan jumlah air yang sangat sedikit.

 b. Faktor lingkungan
     Sesama makhluk hidup saling bersaing untuk memperebutkan makanan dan ruang hidup akibat persaingan tersebut yang kalah akan punah sedangkan yang menang akan tetap bertahan hidup contohnya Harimau,gajah,badak,bercula satu Sudah jarang ditemukan hewan-hewan tersebut kalah bersaing dengan manusia.


 C. Adaptasi terhadap lingkungan
     Keadaan lingkungan hidup sangat beraneka ragam dan menyambut makhluk hidup untuk selalu berusaha menyesuaikan diri mereka.penyesuaian diri terhadap lingkungan yang berbeda akan menghasilkan makhluk hidup yang berbeda pula.Hal inilah yang dimaksud dengan adaptasi.
adaptasi menyebabkan terjadinya keanekaragaman makhluk hidup.

d. Perusakan oleh manusia
     Keinginan memenuhi kebutuhan hidupnya  manusia banyak memburu hewan dan menebangi pepohonan.tindakan manusia ini yang tidak sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan akan menyebabkan kerusakan lingkungan dan punahnya keanekaragaman hayati.
penebangan hutan yang tidak terkendali mengakibatkan hutan rusak sehingga pada musim hujan dapat terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

 e. Bencana alam
     Berbagai bencana alam yang terjadi di permukaan bumi mempercepat kerusakan lingkungan serta mengancam kehidupan hewan dan tumbuhan bahkan manusia.bencana alam tersebut antara lain tanah longsor,letusan gunung berapi,banjir,gempa bumi dan kekeringan.bencana alam juga dapat merusak era pertanian dan tempat tinggal manusia beserta sarana prasarana ekonomi.
seperti Jalan,bangunan dan jembatan.

Komentar