MACAM MACAM PEMANFAATAN TANAMAN DAN HEWAN DI INDONESIA

     

       Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia berdasarkan riset lembaga conservation internasional terbesar kedua di dunia di tahun 1998. Wilayah Indonesia dengan keanekaragaman hayati yang berguna bagi kelangsungan hidup manusia baik secara materiil ,lingkungan maupun sosial budaya. Masyarakat Indonesia telah mengenal pemanfaatan keanekaragaman hayati sejak dahulu untuk memenuhi kebutuhan pangan,sandang,papan,maupun obat-obatan.
Berbagai contoh pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia adalah sebagai berikut :

 1. pemanfaatan tanaman perkebunan
     Contohnya kopi
     Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia.Tanaman kopi diambil bijinya untuk dibuat menjadi bahan minuman.kopi dapat tumbuh dengan baik di lereng-lereng pegunungan.
jenis kopi yang baik ditanam di Indonesia adalah kopi robusta yang memiliki biji kecil tetapi berbuah lebat dan tahan terhadap hama. Salah satu varietas kopi robusta yang terkenal karena rasanya yang khas adalah kopi luwak  dari Indonesia,biji kopi ini dikumpulkan dari feses musang luwak.selain itu, ada juga kopi berjenis Arabica yang ditanam di Indonesia Meskipun tidak sebanyak kopi robusta. Indonesia memiliki produksi Arabica yang telah terkenal di dunia internasional,karena kualitas dan cita rasa yang unggul.daerah-daerah yang terkenal sebagai penghasil kopi berkualitas unggul adalah Mandailing Aceh Lampung Jawa Bali Flores dan Toraja.

 2.pemanfaatan tanaman untuk obat
     Indonesia memiliki banyak tanaman obat yang telah lama digunakan untuk pengobatan tradisional.berkat perkembangan teknologi tanaman obat dapat diolah menjadi obat herbal yang diuji secara klinis sehingga layak konsumsi. obat herbal mulai dimanfaatkan dalam Dunia Farmasi karena bersifat alami dan bebas efek samping.tanaman obat dapat dibudidayakan di alam.
umumnya tanaman obat dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan direbus atau dikonsumsi dalam keadaan segar.bagian tanaman yang dapat digunakan adalah akar batang daun bunga buah atau keseluruhan tanaman. Sesuai dengan UU No 36 tahun 2009 pasal 100 ayat 1 dan 2 sumber obat tradisional yang telah terbukti berkhasiat dan aman digunakan akan tetap dijaga kelestariannya dan dijamin pemerintah untuk pengembangan serta pemeliharaan bahan bakunya.
Contohnya antara lain:
 1.bawang merah mencegah kanker,sembelit dan melindungi jantung.
 2.jahe mengobati asma,kembung,mual.
 3.kunyit menurunkan kolesterol dan mencegah
 kanker.

 3. Pemanfaatan tanaman untuk bahan baku industri
     Tanaman industri merupakan tanaman yang digunakan untuk keperluan bahan baku industri,yang memiliki nilai ekonomis.tanaman industri dapat dibudidayakan misalnya dalam bentuk perkebunan maupun hutan tanaman industri(HTI),Atau tumbuh bebas di alam.
pemanfaatan bagian tanaman industri dapat berupa kayu getah,serat,buah atau keseluruhan tanaman dan kemudian diolah menjadi produk industri yang bermanfaat untuk menunjang kehidupan manusia.
 Contohnya antara lain :
 1. Mawar melati bunga matahari untuk industri kosmetik dan makanan.
 2.rotan  untuk industri kerajinan.
 3.karet  untuk industri ban dan peralatan rumah tangga.
4.kayu putih untuk industri obat-obatan.

 4.pemanfaatan keanekaragaman hewan
    Berbagai jenis hewan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.pemanfaatan hewan telah dilakukan sejak zaman dahulu dan semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.
pada umumnya hewan dimanfaatkan untuk konsumsi manusia dan bahan baku industri.
 Contohnya antara lain :
 1. Ular dan buaya untuk bahan industri kulit dan peliharaan.
 2.ayam itik untuk konsumsi dan bahan industri makanan dan bahan industri pupuk.

Komentar