kawasan pelestarian alam (kpa)

    Taman Nasional,taman hutan raya dan taman wisata alam merupakan kawasan pelestarian alam (KPA) yang berada di Indonesia.

 1. Taman Nasional (KPA)
         taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian ilmu pengetahuan,pendidikan,penunjang budidaya,pariwisata dan rekreasi.
Taman nasional di Indonesia antara lain sebagai berikut :
 a. Taman Nasional Gunung Leuser di provinsi Aceh
      Taman Nasional ini merupakan suaka margasatwa terbesar di Indonesia.hewan-hewan yang dilindungi di tempat ini antara lain,Badak Sumatera,gajah, orangutan, harimau, tapir kambing hutan ,Rusa dan berbagai jenis burung.
 b. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Sumatera Selatan
        Taman Nasional ini merupakan tempat untuk perlindungan tapir,badak,kerbau liar,harimau sumatera,gajah dan rusa.
 c. Taman Nasional Baluran di Jawa Timur
        Taman Nasional ini merupakan tempat untuk perlindungan badak, banteng ,kerbau liar,anjing hutan, berbagai jenis kera, lutung, rusa ,babi hutan,ayam hutan dan burung merak.
 d. Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur
     
Taman Nasional ini merupakan tempat yang dikhususkan untuk perlindungan komodo. Hewan lain yang dilindungi di tempat ini ialah burung kakak tua, ayam hutan,kerbau liar,babi hutan dan rusa.
 e. Taman Nasional Kutai di Kalimantan Timur
        Taman Nasional ini merupakan tempat untuk perlindungan Babi hutan,banteng,orang utan,Rusa dan bekantan.

     Konservasi terhadap hewan dan tumbuhan tidak hanya di darat,namun juga di laut Tujuannya adalah untuk melindungi biota laut agar tetap terjaga kelestariannya.Hal ini disebabkan sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan dengan keanekaragaman hayati yang sangat beragam dan melimpah.potensi kelautan Indonesia menunjang sektor ekonomi masyarakat maupun pariwisata,sehingga harus dikelola secara bijaksana agar tetap Lestari. taman nasional di wilayah perairan Indonesia dikenal dengan istilah Taman Nasional Laut.contohnya adalah sebagai berikut :
  a. Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara
          Taman Nasional ini termasuk dalam wilayah segitiga emas Coral dunia,sehingga kaya dengan keanekaragaman hayati.wilayah Bunaken merupakan habitat terumbu karang dan berbagai jenis ikan,moluska,kepiting,udang,penyu dan burung laut.
 b. Taman Nasional Raja Ampat
       
Taman Nasional ini terletak di di Provinsi Papua Barat.Taman Nasional ini merupakan salah satu lokasi penyelaman terbaik di dunia.pada wilayah perairan raja Ampat terdapat ribuan Spesies ikan, berbagai jenis terumbu karang,moluska,mamalia laut dan penyu.
 c. Taman Nasional Wakatobi
         Taman Nasional ini terletak di Sulawesi Tenggara.Wakatobi merupakan singkatan dari nama pulau pulau wangi-wangi,kaledupa,tomia,dan binongko.wilayah Taman ini kaya dengan spesies Coral hingga mencapai 750 spesies Coral dunia.
 d. Taman Nasional Laut Banda
        Taman Nasional ini merupakan taman laut yang terletak di gugusan Pulau Neira,Pulau gunung api,pulau ai,Pulau Syahrir dan pulau Hatta di Kabupaten Maluku Tengah.Taman Nasional ini memiliki kekayaan terumbu karang yang indah dengan ratusan Spesies ikan dan Karang purba yang dilindungi.kawasan Taman Nasional ini termasuk sebagai salah satu kawasan warisan dunia yang ditetapkan PBB.

 2. Taman hutan raya
        Taman hutan raya adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan satwa yang alami atau bukan alam,jenis asli atau bukan jenis asli,yang tidak invasif dan dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian ilmu,pengetahuan pendidikan,menunjang budidaya,budaya,pariwisata dan rekreasi.
 Taman hutan raya di Indonesia antara lain sebagai berikut :
 a. Taman hutan raya Bung Hatta
        Taman hutan ini terletak di Padang Sumatera Barat.tumbuhan khas yang dilindungi ialah raflesia arnoldi,kueni,srikaya.sedangkan hewan khas yang dilindungi ialah harimau sumatera,siamang dan Kijang.
 b. Taman hutan raya gunung Bunder
       
Taman taman hutan ini terletak di Gunung Kidul Jogjakarta.tumbuhan khas yang dilindungi ialah Jati kluwih,Adeniumdan  timoho.sedangkan hewan khas yang dilindungi ialah rusa Jawa,Elang,alap-alap sapi.
 c. Taman hutan raya Ngurah Rai
        Taman hutan ini terletak di Bali tumbuhan khas yang dilindungi ialah Tuba dan Benuang laki. sedangkan hewan khas yang dilindungi ialah penyu hijau,teripang dan penyu sisik.
 d. Taman hutan raya Sultan Adam
        Taman hutan ini terletak di Banjar Kalimantan Selatan. Tumbuhan khas yang dilindungi ialah Damar,Ulin dan Meranti. Sedangkan hewan khas yang dilindungi ialah bekantan,kijang merah dan beruang madu.
 e. Taman hutan raya palu
       Taman bintang ini terletak di Palu Sulawesi Tengah. Tumbuhan khas yang dilindungi ialah Akasia,cendana dan anggrek tanah.sedangkan hewan khas yang dilindungi ialah elang coklat,kakatua putih jambul kuning Dan biawak.

 3. Taman wisata alam
       Taman wisata alam adalah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan terutama untuk kepentingan pariwisata alam dan rekreasi.
Taman wisata alam yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut :
 a. Air Hitam
       Taman wisata ini terletak di Bengkulu.tumbuhan khas nya adalah raflesia arnoldi,sedangkan hewan khasnya adalah penyu.
 b. Grojogan Sewu
     
Taman wisata ini terletak di Jawa Tengah.tumbuhan khas nya adalah pinus,sedangkan hewan khas nya adalah kera ekor panjang.
 c. Malino
      Taman wisata ini terletak di Sulawesi Selatan. Tumbuhan khas yang dilindungi adalah pinus, sedangkan hewan khas yang dilindungi adalah burung nuri.
 d. Teluk yotefa
       Taman wisata yang terletak di Papua.tumbuhan khas yang dilindungi dalam bakau,sedangkan hewan khas nya yang dilindungi adalah kuskus berkantung.

 Sebagian flora dan fauna Indonesia kini terancam punah akibat ulah manusia,hutan banyak mengalami kerusakan akibat berubahnya alih fungsi hutan yang mengakibatkan keseimbangan ekosistem di dalamnya ikut berubah baik flora maupun fauna.Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Komentar