MACAM MACAM HUTAN

 
  Di dunia ini ada banyak macam macam hutan,berikut adalah penjelasannya. Komunitas tumbuhan di bumi beserta pembagiannya berdasarkan kondisi iklim,sebagai berikut:

 a. Hutan hujan tropis 
     pada daerah ini dapat beradu satu spesies tumbuhan yang berbeda. Hutan hutan hujan tropis di seluruh dunia cukup mendapat air sepanjang tahun dan keadaan alamnya memungkinkan pertumbuhan dalam waktu lama,akibatnya komunitas hutan tersebut menjadi kompleks.contohnya adalah hutan hujan tropis yang terdapat di Indonesia,Australia bagian utara,Papua bagian timur,Afrika Tengah dan Amerika Tengah.pohon-pohon utama memiliki ketinggian antara 20 sampai 40 m dengan cabang-cabang yang berdebar sehingga membentuk suatu kanopi yang mengakibatkan dasar dan menjadi gelap daerah kanopi tersebut cukup mendapat cahaya matahari Tetapi hanya mendapat air dari hujan,dalam hutan hujan juga terdapat perubahan iklim mikro dari pengabdi hutan sampai ke dasar hutan kaca kanopi hutan juga terdapat sejenis kaktus yang mempunyai jaringan khusus untuk menyimpan air sebanyak kaktus di gurun sampai ke hutan tropis merupakan contoh pra adaptasi kelembaban di daerah itu tinggi dan suhu sepanjang hari hampir tetap Yaitu rata-rata 25 derajat Celcius selain pepohonan yang tinggi terdapat tumpukan yang khas yaitu Liana dan epifit rotan tergolong jenis Liana sedangkan Anggrek termasuk jenis tumbuhan epifit.

 b. Hutan gugur

   Di daerah beriklim sedang yang gugur menampilkan Beberapa fenomena khas disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :

 1. Curah hujan merata sepanjang tahun.
     yaitu antara 750 sampai 1000 mm per tahun serta adanya musim dingin dan musim panas dengan adanya musim dingin dan musim panas tumbuhan di daerah tersebut beradaptasi dengan menggugurkan daunnya menjelang musim dingin.
 2. Musim gugur hingga musim semi.
     Pertumbuhan tumbuhan menahun terhenti tumbuhan Semusim mati pada musim dingin dan meninggalkan bijinya tumbuhan dapat kembali menjelang musim panas. Perbedaan hutan gugur dan hutan pada kerapatan pohonnya. Di hutan bubur jarak antar orang tidak terlalu rapat dan jumlah spesiesnya sedikit yaitu antara 10 sampai 20 spesies tumbuhan.

 C. Taiga
 
    Taiga adalah Hutan yang terdiri atas spesies-spesies tumbuhan yang daunnya berbentuk seperti jarum contohnya adalah pohon spruce (picea).

Komentar